Assalamualaikum wr. wb. Kali ini saya cuma ingin membuat atau mem-publish artikel tentang pembelajaran saya ketika osjur di Lab Daspro UIN Maliki malang pada tanggal 14 september 2013 kemarin. Awal mula kita disuruh senior untuk membuka netbeans yang tersedia di kompi, setelah itu kita di suruh untuk membuat project baru di netbeans. Untuk langkah-langkahnya bisa di lihat di bawah ini :
Setelah
kita Menginstall Netbeans, selanjutnya kita akan mulai bekerja dengan
netbeans. Sebelum kita memulai kerja, kita harus membuat sebuah
project baru yang nantinya akan kita buat sebagai lahan pekerjaan
kita. Untuk Membuat Project Baru silahkan ikuti
langkah-langkah berikut :
- Klik menu File >> New Project atau menggunakan shortcut dengan menekan kombinai tombol Ctrl + Shift + N atau dengan cara meng-Klik icon New Project pada toolbar
- Pada jendela New Project dibagian Categories silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Disini saya memilih java. Dan dibagian Projects saya memilih java application. Setelah itu klik Next
- Pada jendela New Java Application dibagian Project Name silahkan anda isi nama project anda. Sebagai Contoh disini saya isi dengan nama “Programku”. Dibagian project location adalah tempat penyimpanan project anda. Anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan anda. Tapi disini saya biarkan default aja. Dibagian Create Main Class, jika project yang anda buat ingin dijadikan sebagai main class atau kelas utama jangan hilangkan centangnya. Jika tidak, maka hilangkan centangnya. Disini saya jadikan sebagai main class. Jadi centangnya biarkan saja. Selanjutnya klik Finish
- Setelah anda mengklik Finish, pembuatan project baru sudah selesai dan akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :
1. Variabel ( Variable
)
Pada
penjelasan “Apa itu objek ( Object
)?” kita diperkenakan juga apa itu field, tetapi kita mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan,
seperti apa aturan dan konvensi untuk penamaan
field? Selain int,
apa jenis data lainnya yang ada? Apakah field harus
diinisialisasikan
pada saat dideklarasikan? Apakah field diberi nilai default jika mereka tidak
secara eksplisit diinisialisasikan? Bagian penjelasan dibawah ini akan memberikan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan di atas, tetapi sebelum kita melakukannya, ada beberapa perbedaan teknis yang harus kita pahami terlebih dahulu. Dalam bahasa pemrograman Java, istilah "field" dan "variabel" digunakan kedua-duanya, ini merupakan sumber
umum dari kebingungan di kalangan
pengembang ( programmer
) baru, karena keduanya sering
tampak merujuk pada hal yang sama.
Bahasa pemrograman Java mendefinisikan jenis-jenis variabel
yang ada sebagai berikut:
a. Instance Variables (Non-Static Fields).
Secara teknis, object menyimpan state atau kondisi
dalam "Non-Static Fields", yaitu field
yang dideklarasikan tanpa kata kunci static.
Non-Static Fields juga dikenal
sebagai instance variabel karena
nilai-nilainya yang unik untuk setiap instance
Class.
Contoh
:
public
roadBike ( int speedUp ) {
//statement
}
Nilai
speedUp independen terhadap nilai speedUp di Class lain.
b. Class Variables
(Static Fields). Sebuah Class Variable adalah semua yang dideklarasikan pada field dengan Variabel Static, hal ini memberitahu compiler ( kompilator ) bahwa ada salinan dari variabel ini yang jumlahnya
tepat satu, terlepas dari berapa kali Class
menggunakan variabel ini. Secara sederhana, sebuah field mendefinisikan jumlah gear
untuk sepeda jenis tertentu dapat ditandai sebagai statis ( static ) karena secara konseptual jumlah
yang sama dari semua gear akan
berlaku untuk semua kasus. Dalam penerapannya misalkan ditulis kode static int numGears = 6;
akan menciptakan suatu field static. Selain
itu, penggunaan kata kunci final
dapat ditambahkan untuk menunjukkan bahwa jumlah gigi tidak akan pernah
berubah.
c. Local Variables mirip dengan bagaimana
suatu object menyimpan state atau suatu kondisi dalam field, sebuah method akan sering menyimpan state
sementara dengan menggunakan variabel lokal. Sintaks untuk mendeklarasikan variabel lokal mirip dengan
mendeklarasikan field (misalnya, int count = 0 ;). Tidak ada
kata kunci khusus yang menunjukkan variabel tersebut sebagai variabel lokal, penggunaanya secara
menetap di metode mana variabel itu dinyatakan. Secara sederhana penggunaanya
hanya dalam satu blok metode saja ( antara { dengan }. Dengan demikian variabel
lokal tidak dapat diakses dari seluruh Class.
d. Parameters. Kita sudah melihat contoh-contoh
dari parameter, baik di class Bike dan
dalam
metode utama dari aplikasi "Hello World!".
public static void main(String[]
args) {
System.out.println("Hello World");
}
Mengingat kembali kode metode
utama public static
void main (String [] args). Di sini, variabel args adalah parameter untuk metode ini. Yang penting untuk
diingat adalah bahwa parameter selalu diklasifikasikan sebagai "variabel"
bukan "field". Hal ini berlaku untuk konstruksi parameter lain (
seperti konstruktor dan penangan pengecualian/ exception ).
Jika kita berbicara tentang "Field secara umum" (termasuk variabel lokal dan parameter), kita bisa menggunakan "Field". Jika pembahasan berlaku untuk "semua jenis variabel di atas", kita harus menggunakan "Variabel". Namun, jika pembahasan suatu konteks untuk menyatakan perbedaan, kita harus menggunakan istilah yang lebih spesifik (misalnya static field, Local Varibel, dll).
Java mempunyai 11 macam tipe data
yang terdiri atas tipe data sederhana dan referensi / komposit. Tipe
sederhana meliputi byte, short, int, long, char, float, double
dan boolean yang terbagi menjadi 3 tipe. Sedangkan tipe data referensi
meliputi class,array dan interface.
2. Tipe Data Sederhana
- Integer (Bilangan Bulat) Tipe data yang masuk menjadi bagian ini adalah byte, short, int dan long. Semua tipe data ini bersifat Signed, yaitu bisa mempresentasikan nilai positif dan negatif. Tidak seperti tipe data lainnya, Java tidak mendukung tipe data unsigned yang hanya bisa mempresentasikan nilai postif. Untuk jelasnya akan dijelaskan oleh tabel dan penjelasan di bawah ini :
Tipe Data
|
Ukuran (bit)
|
Range
|
Byte
|
8
|
-128 s.d. 127
|
Short
|
16
|
-32768 s.d. 32767
|
Int
|
32
|
-2147483648 s.d. 2147483647
|
Long
|
64
|
-9223372036854775808 s.d. 9223372036854775807
|
· Byte
Type byte umumnya digunakan pada saat kita bekerja dengan sebuah data stream dari
suatu file maupun jaringan, yaitu untuk kepeluan proses
membaca/menulis. Selain itu, tipe ini juga digunakan saat bekerja dengan
data biner yang tidak kompatibel dengan tipe-tipe lain yang
didefiniskan di dalam Java. Contoh :
class ContohByte {public static void main(String [] args){byte a;a=127;System.out.println(a);}}
· Short
Pada umumnya diaplikasikan pada komputer-komputer 16-bit, yang saat ini semakin jarang keberadaanya. Contoh :
class ContohShort {public static void main(String[]args){short umurWafiy;short umurAdit;short selisih;umurWafiy=23;umurAdit=13;selisih=umurWafiy-umurAdit;System.out.println(“Selisih umur mereka adalah “ + selisih + ” tahun”);
· Int
Tipe ini merupakan tipe yang paling
banyak dipakai dalam merepresentasikan angka dalam Java, dikarenakan
dianggap paling efisien dibandingkan dengan tipe-tipe integer lainnya.
Tipe Int banyak digunakan untuk indeks dalam struktur pengulangan maupun dalam konstruksi sebuah array.Selain itu, secara teori setiap ekspresi yang melibatkan tipe integer byte, short, int, long) semuanya akan dipromosikan ke int terlebih dahulu sebelum dilakukan proses perhitungan. Contoh :
class HitungGaji{public static void main(String[]args){int gaji;int lamaKerja;int besarGajigaji=5000000;lamaKerja=4;besarGaji=gaji*lamaKerja;System.out.println(besarGaji);}}
· Long
Tipe ini digunakan untuk kasus-kasus tertentu yang nilainya berada di luar rentang tipe int, karna tipe ini punya range paling tinggi dibanding Integer lainnya. Dengan kata lain, tipe long terpaksa digunakan jika data memiliki range diluar range int. Contoh:
public class MassaPlanet{public static void main (String[]args){long volum=1864824217374668;long massaJenis=77886;long massa=volum*massaJenis;System.out.println(massa);}}
2. Floating-Point (Bilangan Pecahan)
Tipe floating-point digunakan
untuk merepresentasikan nilai-nilai yang mengandung pecahan atau angka
decimal di belakang koma, seperti 3.1416,5.25, dan sebagainya. Bilangan
semacam ini disebut sebagai bilangan riil. Dalam Java tipe ini dibedakan
menjadi dua jenis, yaitu float, dan double. Untuk jelasnya akan dijelaskan oleh tabel dan penjelasan di bawah ini :
Tipe
|
Ukuran
|
Range
|
Presisi (jumlah digit)
| |
bytes
|
bit
| |||
float
|
4
|
32
|
+/- 3.4 x 1038
|
6-7
|
double
|
8
|
64
|
+/- 1.8 x 10308
|
15
|
· Float
Tipe ini digunakan untuk menandakan nilai–nilai yang mengandung presisi atau ketelitan tunggal (single-precision)
yang menggunakan ruang penyimpanan 32-bit. Presisi tunggal biasanya
lebih cepat untuk processor-processor tertentu dan memakan ruang
penyimpanan setengah kali lebih sedikit dibandingkan presisi ganda (double precision). Permasalahan yang timbul dari pemakaian tipe float untuk
nilai-nilai yang terlalu kecil atau justru terlalu besar, karena nilai
yang dihasilkan akan menjadi tidak akurat. Contoh penggunaan variabel :
float suhu;
· Double
Tipe ini mengandung tingkat ketelitian ganda atau presisi ganda (double precision) dan menggunakan ruang penyimpanan 64-bit untuk menyimpan nilai. Tipe double tentu lebih cepat untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis daripad tipe float. Untuk perhitungan yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, maka lebih baik menggunakan tipe double. Contoh :
class KelilingLingkaran {public static void main (String[] args) {double pi = 3.1416;double r = 2.12;double keliling;keliling = 2*pi*r;System.out.println(“Keliling Lingkaran = ”+ keliling);}}
3. Char
Tipe data char merupakan tipe untuk menyatakan sebuah karakter. Java menggunakan karakter Unicode untuk merepresentasikan semua karakter yang ada . Unicode ialah
sekumpulan karakter yang terdapat pada semua bahasa, seperti bahasa
Latin, Arab, Yunani dan lain-lainnya. Karena bahasa Java dirancang untuk
dapat diterapkan di berbagai macam platform, maka Java menggunakan karakter Unicode yang
membutuhkan ukuran 16-bit. Untuk karakter-karakter yang tidak dapat
diketikkan secara langsung melalui keyboard, java menyediakan beberapa escape sequence (pasangan karakter yang dianggap sebagai karakter tunggal). Escape sequence tidak dianggap sebagai String, melainkan tetap sebagai tipe karakter khusus. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh tentang escape sequence.
Escape Sequence
|
Keterangan
|
\ddd
|
Karakter octal (ddd)
|
\uxxxx
|
Karakter Unicode heksadecimal (xxxx)
|
\’
|
Petik tunggal
|
\’’
|
Petik ganda
|
\\
|
Backslash
|
\r
|
Carriage return
|
\n
|
Baris baru (line feed)
|
\f
|
Form feed
|
\t
|
Tab
|
\b
|
Backspace
|
Contoh :
class ContohKarakter {public static void main (String[] args) {char ch = 65;// 65 merupakan kode untuk karakter A;System.out.println(“ch1=”+ch);ch++; //increment(penaikan nilai sebesar 1)System.out.println(“ch2 = ”+ ch);}}
4. Boolean
Tipe boolean adalah tipe data
yang digunakan untuk menampung nilai logika, yaitu nilai yang hanya
memiliki dua buah kemungkinan (benar atau salah). Tipe ini ditandai
dengan kata kunci Boolean. Dalam bahasa Java, nilai benar dipresentasikan dengan kata kunci true dan nilai salah dengan kata kunci false. Contoh :
class ContohBolean {public static void main (String[] args) {boolean a = true;if (a) {System.out.println(“Perintah dilaksanakan ”);}//negasi dari aIf (!a) {System.out.println(“Perintah tidak dilaksanakan ”);}}}
Oke sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata ataupun kalimat. Di artikel kali ini saya juga menambahkan sedikit materi yang tidak di jelaskan oleh senior, eaahh sekedar sharing aja sih dan semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb.
3 comments
Click here for commentsbeh ane ga ngerti pemrograman gan
Replyoh begitu ya mas
ReplyKarir,pelet,pnglarisan usaha,buka aura,jual tnh/ rmh agar cpt laku,togel,azimah benda bertuah,kuat sex 1-3 jam,program guru penghusada,dll.silahkan kunjungi: Http://mahkota-hati.mywapblog.com/
ReplySelamat Datang Di Blog AnimeSubz-Cyber
Thanks for visiting ~
Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !
Rules:
- Blogger yang baik adalah blogger yang meninggalkan jejak
- Anda komentar, saya komen balik and follow blog anda
- No spam, No flood, No junk, No iklan, N sara,No s*x,
- Jangan menggunakan Live Link !
- Gunakan bahasa yang sopan
- Blog Ini Dofollow jadi Berkomentarlah dengan Sopan!!
Thanks For Your Attention ! ConversionConversion EmoticonEmoticon