10 Tanda Kamu Programmer Yang Buruk

Ini merupakan quote dari teman sekelas saya sekaligus guru programmer yang sering mengajari saya pemrograman desktop disekolah. Mungkin akan berguna jika saya tulis kembali dan membagikanya kepada sobat-sobat.

Sebelumnya perkenankan saya untuk menjelaskan apa itu Programmer

Programmer merupakan sebuah profesi yang unik dan penuh dengan pro dan kontra. Ketika kita mengembangkan sebuah program, maka ada baiknya kita mengecek apakah program kita sempurna. Apakah kode yang kita tulis sudah sesuai, dan bisa dikembangkan dengan mudah ke depanya.

Nah, di sini kita akan melihat 10 tanda apakah kita programmer yang buruk. Ini daftarnya:


  1. Tidak Bisa Mengerti Kode Yang Ditulis
    Ini merupakan sebuah kehancuran apabila programmer tidak mengerti tentang apa yang dia tulis. Programmer yang buruk tidak bisa menerka apa yang akan dilakukan oleh sebuah kode. Ia tidak bisa mensimulasikan kode tersebut berjalan di fikiranya. Ini merupakan tanda di mana ia kemungkinan hanya copy-paste.
  2. Mengomentari Kode Dengan Cara Yang Buruk
    Tidak dipungkiri ada orang yang masih mengomentari kode mereka dengan hiasan yang tidak penting seperti
    //———————————————————-//
    // Menyimpan File //
    //———————————————————//
    file.Save();
    Hei, semua programmer tahu bahwa baris tersebut digunakan untuk menyimpan file. Tidak perlu komentar, seorang programmer pasti bisa mengerti apa yang dimaksud dengan baris kode tersebut.
  3. Java Selalu Yang Terbaik, Buang C++!
    Tidak, dia tidak bisa menjadi programmer yang baik apabila membenci suatu bahasa dan mengedepankan yang lain. Bagaimana mungkin dia bisa menggunakan Java sepanjang hari sedangkan apabila menggunakan C++, proyek tersebut bisa lebih cepat selesai dan terorganisir. Ini untuk Java enthusiast yang buta bahasa yang selalu memuja-muja Java di atas segalanya.
  4. Merasa Bangga Sebagai Script Kiddie
    GOTO HELL SCRIPT KIDDIE! Sebagai programmer yang buruk, Script Kiddie paling mendapat reputasi buruk. Mereka hanya bisa menggunakan kode yang digunakan orang lain tanpa bisa memahaminya, dan bangga dan mengakui bahwa kode tersebut miliknya.
  5. jmlssw = JumlahSiswa
    Ayo, belajarlah menulis nama variable yang baik dan benar. Intellisense membantu kita untuk menulis variable dengan cepat. Jadi meskipun variable mu panjang dan ribet. Tidak peduli, pasti Intellisense bisa menebaknya. Tidak ada programmer yang baik yang menulis JumlahSiswa dengan jmlssw.
  6. public int secret
    Apakah tidak ada yang lagi memikirkan encapsulation? Sehingga bisa langsung menulis segala sesuatu yang seharusnya private dengan public? Gunakan encapsulation untuk mengatasinya, jangan membuat semua field public
  7. OOP Forever
    Coba Haskell
  8. document.writeln(“IS Enough!”)
    Harus ada yang mengatur standarisasi bukan? Pelajari bahasa yang digunakan, apabila itu sudah basi dan usang. Jangan digunakan, optimalkan segala fitur bahasa yang di sediakan. Jangan disia-siakan sedikitpun.
  9. Menulis Fungsi Yang Panjang
    Hei, fungsi tidak harus panjang dan lebar. Yang dibutuhkan adalah target utamanya, coba pecahkan fungsi menjadi beberapa bagian sehingga tidak lagi menjadi satu fungsi besar seukuran 78 baris kode.
  10. Tidak Membaca Artikel Ini


Sekian mas beroooh semoga bermanfaat, jadi mari kita menjadi programmer yang lebih baik lagi
Previous
Next Post »

Selamat Datang Di Blog AnimeSubz-Cyber
Thanks for visiting ~

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

Rules:

- Blogger yang baik adalah blogger yang meninggalkan jejak
- Anda komentar, saya komen balik and follow blog anda
- No spam, No flood, No junk, No iklan, N sara,No s*x,
- Jangan menggunakan Live Link !
- Gunakan bahasa yang sopan
- Blog Ini Dofollow jadi Berkomentarlah dengan Sopan!!

Thanks For Your Attention ! ConversionConversion EmoticonEmoticon